Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Custom Domain bagi SEO Blog

manfaat-custom-domain-bagi-seo-blog
Untung Rugi Custom Domain Blogspot Top Level Domain - Banyak sekali yang mempertanyakan manfaat ketika kita melakukan custom domain, yang bermula dari blogspt.com menjadi top level domain atau sering disebut TLD.

Custom domain merupakan seuatu cara agar nama domain blog kita dimigrasikan menggunakan nama url yang sepenuhnya menjadi hak kita, dalam artian menyesuaikan keinginan kita.

Dalam melakukan custom domain, kiat diwajibkan mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan. Paling tidak, kita harus menentukan sejak awal langkah custom domain tersebut. Apakah kita cuma sekedar membeli domain sebagai alamat blog kita, atau bersamaan dengan itu kita langsung membeli hosting tempat penyimpanan data kita di dalam blog kita nantinya.

Secara ringkas berikut langkah-langkah dalam melakukan custom domain.

Cara Benar Melakukan Custom Domain Blog

Kedua langkah sebelum melakukan custom domain dirasa wajib untuk dilakukan. Hal tersebut sangatlah penting. Karena tentu saja akan berpengaruh terhadap biaya yang kita keluarkan. Dengan kita hanya membeli nama domain saja, maka kita hanya wajib mengeluarkan uang untuk itu saja. Misalkan saja 100 ribu per tahun. Namun jika kita memebeli hostingnya sekaligus, mau tidak mau kita harus membayar nama domain dan hosting, walau terkadang ada juga provider yang menawarkan cuma membayar hosting per bulan atau per tahun dengan memberikan nama domain TLD secara cuma-cuma.

Oleh karena itu, penyesuaian dana menjadi pilihan pertama yang harus kita fikirkan sejak awal. Jika sudah demikian, maka langkah selanjutnya adalah belajar memilih nama domain.

Memilih nama domain blog yang akan di custom domain, tidak bisa dikatakan mudah alias gampang. Seperti halnya cara memilih platform blog yang akan kita gunakan. Karena pada dasarnya nama domain akan sangat menentikan tingkat keberhasilan sobat nantinya. Paling tidak sobat mengerti betul makna, tujuan dan langkah-langkah untuk mewujudkan nama domain tersebut. Jangan sampai kita hanya asal-asalan dalam memilih nama domain.

Ketika kita sudah menentukan nama domain yang akan dicustom, silakan pilih provider mana yang akan dijadikan mitra. Hal iini juga sangat penting. Mengingat saat ini banyak sekali provider yang menawarkan berbagai fasilitas dan harga murah. Sobat bisa melihat 25 top web hosting terbaik di Indonesia.

Ke25 provider di atas untuk saat ini menjadi pilihan para blogger. Walaupun sebenarnya masih benyak sekali penyedia web hosting dengan biaya yang lebih terjangkau.

Dalam proses pemilihan provider web hosting ini, kita jangan asal pilih, misalkan saja dengan mempetimbangakan harga murah, namun kenyataannya minim pelayanan. Saran saya, pilihlah web hosting dengan layanan ramah, memuaskan, terpercaya terlebih harga besaing. Lebih baik memilih harga agak mahal sedikit namun wajar dengan fasilitas menyenangkan dan ramah serta terpercaya, jika dibandingkan harga murah namun kualitas jelek. Yang ada situs kita malah sering "down".

Manfaat Custom Domain bagi Blog

Seperti yang sudah kita baca di awal artikel ini, langkah dalam melakukan custom domain menjadi sangat fital ketika memang sudah kita putuskan melangkah demikian. Oleh karena itu, keyakinan dari sejak awal menjadi faktor utama.

Sedikit bercerita tentang situs ini, awal mulanya juga sempat berfikiran apakah akan berpengaruh terhadap SEO, atau kemajuan trafik serta bertambahnya pengunjung blog Forum Blogger Indonesia ini?

Sejak saat itu, seketika rangking di alexa mulai dari nol alias dari awal lagi. Padahal ketika dalam proses custom domain, ranking alexa sudah seperti saat ini. Walau dengan perasaan gundah (bukan karena rangking alexa, namun lebih pada pengunjung nantinya), saya tetap optimis.

Dan ternyat benar adanya. sekitar satu bulan atau malah tidak sampai, perkembangan situs ini sangat pesat. Dengan mentarger satu artikel saja, yang kini menjadi artikel terpopuler di situs ini, perkembangannya sangat bisa dirasakan. Bahkan artikel tersebut sampai dicopas oleh salah satu media ber profit.

Sekilas dari situ, memang benar bahwa custom domain secara signifikan dapat membantu peningkatan kualitas sebuah situs.

Berikut ini beberapa kesimpulan yang saya peroleh ketika melakukan custom domain, yang tentu tidak jauh-jauh menengok situs orang lain, namun pada situs ini, diantaranya:

1.Situs menjadi lebih profesional
2.Kita akan lebih fokus mengurus situs kita
3.Jumlah pengunjung menjadi meningkat
4.Situs lebih kuat dalam berkompetisi di dalam mesin pencari

Walaupun demikian, akan menjadi mubadzir alias tak berguna, apabila kita melakukan custom domain, namun tidak maksimal dalam membuat konten yang berkualitas. Sangat perlu untuk difamai beberapa aspek penentu kualitas blog atau situs di mesin pencari.
Konten adalah raja. Nilai kemanfa'atan artikel kita, dalam memberikan edukasi, informasi dan memberikan solusi sebagai salah satu faktor penting di dalam membangun blog berkualitas. Selain itu, Faktor desain dan taat akan aturan yang ada, menjadi penyempurna dalam mengarungi bahtera bloggging.
Demikian sekilas manfaat custom domain bagi SEO blog. Semoga bermanfaat. Salam blogger.

Post a Comment for "Manfaat Custom Domain bagi SEO Blog"