Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Blogger SEO terbaru

Teknik SEO 2020 Untuk Meningkatkan Rangking Blog di Google  - Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang pengertian SEO, dan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang langkah-langkah cara SEO blogger supaya situs kita bisa berada dihalaman search engine lainnya.

Mungkin cukup singkat, namun ini saya tulis berdasarkan apa yang saya pelajari dan beberapa eksperimen pengalaman pribadi, serta dari beberapa referensi lainnya.
ips-blogger-seo-terbaru

Dalam upaya meningkatkan trafik website, Blogger harus mempunyai Strategi SEO unruk Meningkatkan Traffic Organik dari Searh Engine, memang Saat ini penggunaan SEO untuk artikel menjadi semakin popular di kalangan para blogger. Hal ini dikarenakan persaingan di halaman pencarian sangatlah ketat. Jika blogger tidak membuat strategi khusus untuk meningkatkan ranking artikelnya, maka artikel yang ia posting akan sulit muncul di halaman pertama Google. Alhasil, viewer website mereka tidak akan meningkat walaupun sudah lama diposting.

Untuk itu, para blogger sangat memerlukan bantuan SEO untuk memaksimalkan websitenya. Seperti yang telah Kita ketahui, Google sangat senang dengan artikel yang menggunakan SEO, sehingga semakin baik SEO yang diterapkan, semakin mudah pula artikel muncul di halaman pertama Google. Lalu, bagaimana cara melakukan teknik SEO yang tepat?

Pemilik website terkadang kesulitan untuk meningkatkan website ranking di mesin pencari karena persyaratan SEO yang terus berubah. Namun website tanpa optimasi SEO juga akan berdampak buruk karena web akan sulit ditemukan di mesin pencari, sehingga pemasaran tidak dapat menghasilkan konversi. Untuk meningkatkan website ranking, terdapat beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, baik dari sisi teknis, non-teknis, on-page, dan juga off-page.


Sekarang saatnya membangun Strategi membuat blog / website menjadi sukses layaknya para pemilik website profesional yang sudah terdahulu mapan dan sukses dengan teknik dan strategi menaikkan rangking website mereka, yang perlu diingat adalah SEO 2020 ini berbeda dengan Praktek SEO sebelumnya, untuk mendatangkan trafik website ilmu seo para pemilik website telah dikeluarkan semua agar website mereka mapu bersaing dalam pencarian google. dengan cara dan optimasi yang mereka lakukan, saat ini website besar mereka telah bertengger pada posisi halaman pertama google.

Pengertian SEO

SEO singkatan dari search engine optimization memiliki banyak pengertian.Berdasarkan pengertian yang dibuat oleh google SEO is about helping search engines understand and present content. Sedangkan MOZ menyebutkan bahwa SEO adalah praktik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik organik.

Jadi, optimasi SEO di sini mengacu pada proses atau praktik mengoptimalkan konten web kita baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan eksposur atau impresi di mesin pencari sehingga meningkatkan trafik organik.

Lebih spesifiknya: supaya konten kita berada di halaman pertama hasil pencarian untuk kueri tertentu.

Manfaat SEO pada website

Simak penjelasan dibawah ini. Di zaman yang modern ini manusia dipermudah dalam melakukan sesuatu. Salah satunya adalah dalam mencari uang melalui internet. Ada banyak sekali yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang seperti menjadi blogger. Apa itu blogger? Yaitu seseorang yang memiliki blog dan menjadi penulis di blog tersebut. Untuk mendapatkan uang blogger harus mendaftarkan situs webnya terlebih dahulu ke Google AdSense. Apabila website tersebut punya pengunjung yang banyak maka jumlah komisi yang diterima akan semakin banyak juga.

Seorang blogger atau pemilik website pasti menginginkan situs webnya banyak dikunjungi oleh orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik pada website seperti memanfaatkan SEO. Apa itu SEO? Sebuah rangkaian proses untuk meningkatkan optimasi mesin pencarian. Harapan orang meningkatkan SEO adalah agar websitenya berada di peringkat atas mesin pencarian. Secara logika website yang muncul diurutan pertama pastilah akan mendapatkan banyak pengunjung.

Berikut ini adalah manfaat SEO pada website.


  1. Meningkatkan Trafik
    WebsiteManfaat SEO pada website yang pertama adalah dapat meningkatkan trafik. Apabila website telah melakukan optimasi search enginee dengan benar maka posisi website akan naik secara perlahan. Jika website sudah berada di posisi halaman pertama mesin pencarian maka hal itu dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang mampir ke situs web. Apalagi bagi orang yang sedang terdesak mencari informasi pastilah mereka akan membuka situs yang terletak paling atas.
  2. Membuat Website Menjadi Berkualitas
    Ada beberapa factor yang perlu diperhatikan dalam SEO seperti menata heading, title tags, meta description, internal link dan konten website. Semua itu dilakukan agar pembaca betah berlama-lama di website tersebut. Secara tidak langsung SEO akan membuat website menjadi berkualitas dan relevan. Konten yang relevan adalah konten yang komponen didalamnya saling berkaitan satu sama lain. Bayangkan jika judul artikelnya membahas tentang penyakit gula namun saat dilihatnya isinya membahas tentang otomotif. Pasti tidak nyambung bukan?
  3. Menghasilkan Uang
    Situs web yang sudah memiliki banyak pengunjung dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk menghasilkan uang secara online. Bagaimana caranya? Mulai dengan membuka layanan iklan atau ikut program afiliasi. Iklan yang ditampilkan pada situs web tentunya akan banyak dilihat oleh orang karena trafik website tersebut sudah sangat tinggi. Apabila banyak pengunjung yang mengklik iklan tersebut bahkan sampai tertarik membeli produknya maka pemilik website akan mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari perusahaan yang menaruh iklan.
  4. Mempromosikan Brand atau Produk
    Sebuah website dapat dijadikan sebagai media promosi yang tepat untuk memasarkan brand atau produk. Melakukan optimisasi mesin pencarian pada website adalah salah satu caranya agar website berada di peringkat pertama. Orang pastinya akan membuka dari halaman pertama terlebih dahulu. Jika posisi website berada pada paling maka orang akan banyak berkunjung. Apabila pengunjung menemukan brand yang cocok untuk dirinya pastilah orang tersebut akan mengingatnya dan suatu saat akan membeli produk tersebut.
  5. Menjadikan Website Banyak Dikenali Orang
    SEO dapat membuat website banyak dikenali oleh orang. Apa penyebabnya? Pertama, konten website yang sudah terkena optimisasi pasti akan lebih berkualitas dari website lain sebab ada pembaruan tata tampilan website. Pengunjung pun akan merasa nyaman di website tersebut karena tidak pusing lagi saat melihat tampilan halaman yang rapi. Kedua, peringkat website akan naik ke dalam mesin pencarian. Jika banyak orang yang mengunjungi website tersebut plus kontennya berkualitas maka otomatis website akan dikenali banyak orang.

Nah Saatnya Mengoptimasi Website anda dengan Teknik SEO.Bagaimana Cara Optimasi SEO 2020 untuk menaikkan Website di Google? Berikut ini beberapa cara optimasi SEO yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan website ranking di Google

Teknik SEO Untuk Menaikkan Ranking Website di Google 

Tingkatkan RKT Melalui Judul dan Deskripsi

Artikel dengan judul yang ramah SEO akan mudah muncul pada halaman utama Google. Tetapi mendapatkan peringkat pertama saja tidak cukup jika judul artikel yang Anda buat kurang menarik. Artinya, judul tidak hanya SEO friendly tetapi juga harus menarik perhatian banyak orang.

Jika judul Anda tidak menarik, maka traffic tinggi pun akan sulit didapatkan. Padahal, tujuan dari pembuatan website dan optimasi SEO adalah membuat orang mau mengunjungi website Anda. Nah, untuk mendapatkan RKT (Rasio Klik Tayang) yang tinggi, Anda perlu fokus pada tag judul dan deskripsi meta. Biasanya meta deskripsi hanya berjumlah 150 sampai dengan 160 karakter.

Dalam tag judul, Anda perlu mencari kata kunci yang mendapat peringkat teratas di halaman pencarian. Untuk mengetahui kata kunci yang memiliki ranking tinggi, Anda bisa mengunjungi Ahrefs Site explorer atau Ubersuggest.

Sisipkan Internal Link

Teknik SEO selanjutnya untuk dapatkan ranking pertama di Google adalah menggunakan tautan internal. Ini adalah suatu tautan balik dari halaman lainnya yang berada di situs yang sama. Tautan internal ditandai dengan kata-kata berwarna biru pada artikel yang dapat diklik. Kata-kata ini dipercaya dapat membantu aliran “otoritas” pada situs Anda.

Pasang Widget di Halaman Pertama

SEO 2020 Untuk Menaikkan Ranking Website di Google
Cuplikan fitur atau unggulan umumnya akan muncul di bawah kotak pencarian. Cuplikan ini biasanya lebih banyak menarik perhatian banyak orang karena munculnya di bagian teratas halaman pertama pencarian Google. Jika Anda bisa memenangkan cuplikan fitur ini, tidak menutup kemungkinan website Anda akan berada di peringkat tertinggi dan lebih banyak menarik visitor.

Namun, perlu diketahui cuplikan unggulan ini umumnya hanya berlaku untuk situs yang berada pada peringkat 10 besar atau bahkan 5 besar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan Anda pun bisa mendapatkan cuplikan unggulan dengan menggunakan laporan kata kunci organik di Situs Ahrefs.

Caranya yaitu dengan mengunjungi site explorer, lalu masukkan domain Anda, Organic Keywords – SERP features – Featured Snippets – Saring 10 peringkat halaman. Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk bisa mendapatkan cuplikan karena sejatinya untuk bisa mendapatkan cuplikan, Anda harus menyelaraskan format konten Anda dengan keyword yang ada pada judul.

Struktur Website

Untuk meningkatkan website ranking Anda, maka struktur web harus mudah dipahami oleh Google. Anda dapat membuat kategori dan sub kategori untuk mengelompokkan konten-konten yang telah Anda buat. Semua kategori dan sub-kategori harus ada di dalam URL dan dipisahkan dengan tanda hubung atau garis miring agar mudah dimengerti oleh pengunjung.

Schema Markup

Ketika Google meninjau web yang memiliki schema markup, Google akan menggunakan data yang diterima untuk membuat hasil pencarian lebih menarik dan bermanfaat. Google akan menampilkan web Anda di mesin pencari dengan tampilan yang berbeda beserta detail informasi di dalamnya. Pemasangan schema ke dalam web juga berguna untuk memperjelas konteks halaman dan postingan Anda. Dengan demikian website dengan schema akan memiliki website ranking lebih baik daripada web tanpa schema markup.

SEO Mobile Friendly

Mobile friendly juga menjadi faktor yang memiliki pengaruh besar untuk website ranking. Saat ini, lebih banyak orang menggunakan perangkat mobile daripada desktop untuk mengakses web. Hal ini yang menjadi alasan mengapa Google lebih memprioritaskan untuk menampilkan website dengan desain mobile friendly.

Social Networking

Ketika pengguna membagikan konten web melalui sosial media, maka Google akan menilai bahwa web Anda adalah web berkualitas. Selain itu, konten yang hadir di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain juga dapat membangun rasa percaya pengunjung terhadap produk Anda.

Loading Speed Website

Pengunjung tidak menyukai web dengan waktu loading yang lama. Hal ini dapat menghasilkan website ranking yang rendah karena Google tidak ingin merekomendasikan situs web yang dapat memberikan pengalaman buruk untuk penggunanya.

Cara Menerapkan SEO yang Tepat untuk Blogger Pemula

Fokus Kata Kunci

Jika Anda ingin artikel Anda masuk dalam halaman pertama Google, maka Anda perlu fokus pada 1 sampai dengan 2 kata kunci. Kata kunci adalah topik yang ingin Anda bahas dan pasti masuk pada judul Anda.

Untuk mengetahui kata kunci yang sering dicari oleh pengunjung internet, Anda bisa melakukan riset keyword di halaman pertama Google. Selain itu, Anda juga bisa kunjungi situs Ubersuggest untuk mengetahui keyword teratas di Google. Pilihlah kata kunci yang menduduki peringkat pertama karena prospeknya lebih besar.

Optimalkan Kata Kunci pada Artikel

Kata kunci atau keyword tidak hanya masuk pada judul saja, melainkan juga di dalam pembahasan artikel. Biasanya, keyword akan diletakkan di paragraf pertama dan terakhir untuk optimasi SEO.

Perlu diketahui, kata kunci memang sangat membantu Anda dalam memperoleh peringkat teratas di Google. Namun, hal itu bukan berarti Anda harus memasukkan kata kunci dalam jumlah yang banyak sehingga Anda telah menyakiti SEO Anda sendiri. Penyebutan kata kunci 2 kali saja biasanya sudah cukup.

Gunakan Google Search Console

Google Search Console akan sangat membantu Anda yang ingin artikelnya cepat terindeks oleh Google. Jika Anda sudah membuat judul yang tepat dan memaksimalkan peletakan keyword, Anda perlu bantuan dari Google Search Console ini.

Post a Comment for "Tips Blogger SEO terbaru"